Mengenal Sosok Asisten Pelatih Timnas U-23, Nova Arianto Alias Vava

Pelatih Timnas Indonesia - Shin Tae-yong dan Nova Arianto alias Vava
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Nova Arianto menjadi satu-satunya asisten pelatih lokal yang tersisa di skuad Shin Tae-yong. Sebelumya ada pelatih kiper Sahari Gultom.  

Kebobolan 2 Gol Lebih Dulu, Ini Kebangkitan Persita Imbangi Persib Bandung

Namun, pria asal Sumatra Utara ini kemudian tidak dipakai lagi. Kini hanya tersisa Kim Bong-soo dan Yoo Jae-hoon.

Vava, demikian ia biasa dipanggil, lahir di Semarang pada 4 November 1978. Dia lama bermain untuk Persebaya sebelum hijrah ke Persib Bandung. 

Pelatih Qatar U-23 Akui Sulit Lawan Timnas Indonesia U-23

Vava adalah seorang bek tangguh dan kerap mencetak gol karena sering ikut maju ke kotak penalti lawan. Vava dijuluki "suster ngesot" karena jika mencetak gol sering merayakannya dengan gaya ngesot-ngesot di lapangan seperti layaknya suster ngesot. 

Vava adalah anak dari pasangan Sartono Anwar dan Tan Djiet Nio. Sartono Anwar adalah pelatih terkenal yang mengantar PSIS Semarang menjuarai Divisi Utama 1987 dan salah satu pelatih nasional pada 1980-an hingga awal 1990-an.

Timnas Indonesia U-23 Ditekuk Qatar, Shin Tae-yong: Pertunjukan Komedi

Terakhir, Sartono Anwar yang juga pernah melatih UMS Jakarta (Galatama), BPD Jateng (Galatama), Assyabaab Salim Group, Petrokimia Putra, Arseto Solo, Putra Samarinda, Persibo Bojonegoro, Dia memimpin Persisam Putra Samarinda. 

Setelah Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 berakhir dan tahun akhir dari Nova sebagai pemain sepak bola Profesional, pada bulan November 2013 Nova direkrut menjadi asisten pelatih Pelita Bandung Raya.

Halaman Selanjutnya
img_title