Erick Thohir Berencana Membentuk Yayasan PSSI, Pengamat Sepak Bola Budi Beri Saran Ini

Erick Thohir Ketum PSSI
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pengamat sepak bola Football Institute, Budi Setiawan turut mengapresiasi rencana pembentukan yayasan PSSI oleh Ketua Umum (Ketum) Erick Thohir. Yayasan PSSI dinilai sebagai langkah strategis dan sangat mulia.

Peran Netizen Bantu PSSI Lobi Heerenven Agar Izinkan Nathan Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Budi mengatakan, yayasan PSSI itu dapat membantu para pensiunan di sepak bola Indonesia. Sebab selama ini mantan atlet, wasit dan pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Memang ide Erick membuat Yayasan PSSI untuk ngopeni atlet, pelatih dan wasit sepak bola sangat bagus. Dan ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan Erick untuk menunjukan bahwa PSSI tidak tutup mata terhadap nasib mantan atlet, pelatih dan wasit yang telah berjasa terhadap sepak bola Indonesia," kata Budi dalam rilisnya ke jabar.viva.co.id, Kamis (1/6/2023)

Kabar Baik, Nathan Tjoe-A-On Akhirnya Bisa Bela Timnas Indonesia U-23 Lawan Korea Selatan

Lebih lanjut, Budi mengatakan, meski demikian masyarakat juga tidak bisa menyalahkan seluruhnya pada pemerintah. Ini disebabkan pemerintah memiliki adanya keterbatasan anggaran.

"Namun tentunya PSSI dan pengelola kompetisi harus menyadari bahwa Indonesia tak memiliki program post atlet. Jepang sudah memiliki program post atlet sehingga sebelum atlet tersebut memasuki masa pensiun mereka sudah mengetahui mau kemana kelak akan berkarir. Apakah menjadi pelatih atau diangkat menjadi PNS. Saat ini tidak banyak atlet, wasit atau pelatih yang menjadi karyawan BUMN atau PNS. Tentu ini menjadi masukan bagi Erick sebagai ketua umum PSSI," kata Budi.

PSSI Lobi SC Heerenveen Lewat Jalur Tak Normal Agar Nathan Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Budi mengemukakan, sebelum PSSI membuat Yayasan, ada baiknya Erick Thohir memberikan pemahaman kepada atlet muda dan yang saat ini berada di puncak prestasi, untuk dapat memikirkan bahwa profesi atlet memiliki masa waktu yang pendek.

"Pak Erick bisa memberikan pemahaman dan informasi pasca mereka sudah memasuki masa purna bakti. Sehingga ketika sudah memasuki masa purna bakti, mereka dapat bertahan hidup dan tidak menjadi beban baik bagi PSSI maupun pemerintah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title