14 Wasit Sepakbola di Aceh Dikenai Sanksi Lantaran Memimpin Pertandingan Ilegal

Ilustrasi Wasit Keluarkan Kartu Merah
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Sebanyak 14 wasit mendapatkan sanksi peringatan keras dari Komisi Disiplin (Komdis) Asosiasi Provinsi PSSI Aceh. Alasannya, karena ke 14 wasit tersebut memimpin pertandingan ilegal.

Kemenangan Red Sparks Atas Pink Spiders Picu Kecurigaan Pelatih Italia, Megawati Jad Sorotan

Hal itu dikemukakan Ketua Komdis Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Hendri Saputra di Banda Aceh, Jumat (2/6/2023) kemarin. Ia menambahkan, sanksi diberikan sebagai bentuk pembinaan.

"Sanksi ini diberikan sebagai bentuk pembinaan kepada wasit. Apabila mengulangi tindakannya, maka diberikan sanksi lebih berat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," kata Hendri Saputra dilansir dari viva.co.id

Febri Hariyadi, Wonderkid Persib Bandung yang Terlupakan

Gelar sidang itu atas permintaan Asosiasi Provinsi PSSI Aceh kepada Komisi Disiplin. Sebab, pada pelaksanaan turnamen sepak bola di Krueng Mane, Kabupaten Aceh Utara, pada 24 Mei 2023 lalu terdapat insiden.

Salah seorang pemain atas nama Akhirul Wadan mengalami patah pada kaki kanan setelah ditekel pemain bernama Ikhsan Aiyub pada partai final. Akhirul Wadan merupakan pemain yang pernah memperkuat Aceh pada PON di Provinsi Papua yang saat itu meraih medali perak.

Pesan Widodo untuk Timnas Indonesia Jelang Hadapi Vietnam

Di sisi lain, dan alasan ini adalah ketentuan yang paling fatal dimana turnamen itu ternyata adalah pertandingan ilegal.

"Setelah ditelusuri, panitia pelaksana turnamen tidak mengantongi surat rekomendasi dari Asosiasi Kabupaten PSSI Aceh Utara. Demikian juga 14 wasit tersebut, tidak pernah ditugaskan memimpin pertandingan pada turnamen tersebut," kata Hendri Saputra.

Halaman Selanjutnya
img_title