PSSI Bentuk Yayasan Sepak Bola Guna Merawat dan Bina Mantan Pemain Timnas

Ketum PSSI, Erick Thohir di Stadion Manahan Solo
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Akhirnya PSSI resmi membentuk Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia. Yayasan ini bertujuan untuk merawat dan membina mantan pemain timnas Indonesia yang membutuhkan bantuan. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, kepengurusan PSSI yang baru ingin mengubah persepsi pemain timnas yang selama ini dilupakan setelah tidak berkontribusi.

Jadwal Berubah, Indonesia Vs Irak akan Kickoff Jam 16.00 WIB

Erick mengatakan ada dua program utama yang bakal dijalankan Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia, yakni berkaitan dengan kesehatan dan penataan karier pemain timnas setelah tidak lagi aktif bermain. Pada tahap awal, Yayasan Bakti Sepak Bola akan memetakan daftar nama pemain timnas yang sekiranya membutuhkan bantuan. Salah satu contohnya seperti penjaga gawang Kurnia Meiga.

Kedua, nanti Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia akan melakukan studi banding dengan Jepang soal career path. Sehingga nantinya pemain sepak bola U-16 dan U-17 mengerti career path masa depan mereka. Ketika purna bakti di sepak bola mereka bisa berkarir sebagai ASN, Polisi, TNI, BUMN, atau mereka punya keinginan lain dengan tabungan dan pendidikannya bisa kerja di swasta atau di industri sepak bola.

Baru! Jadwal Kickoff Indonesia Vs Irak Berubah

Kurniawan Dwi Yulianto mantan pemain Timnas Indonesia ini menilai positif terhadap pembentukan Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia yang bertujuan untuk merawat dan membina mantan pemain timnas Indonesia. Diakui Kurniawan masih banyak mantan pemain timnas sepak bola Indonesia yang masih mengalami nasib kurang beruntung secara ekonomi ketika memasuki masa purna bakti.

“Adanya Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia yang dibentuk Erick ini merupakan suatu yang sangat positif dan harus dimanfaatkan serta dijalankan sesuai dengan objektif awal dibentuknya lembaga ini. Jangan sampai pembentukan yayasan ini jauh dari target dan cita-cita awal pembentukannya. Saya yakin niat pembentukan Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia adalah untuk membantu kemajuan sepak bola Indonesia,”ujar Kurniawan.

PSSI Klaim Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Terjual Laris Manis

Mantan pemain PSSI Primavera ini berharap Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia ini tak hanya sekadar memberikan bantuan finansial atau kesehatan kepada mantan pemain timnas. Kurniawan berharap Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia dapat membantu memberikan rencana kehidupan bagi mantan pemain timnas Indonesia.

“Saya bukannya mengecilkan arti mereka. Namun jika hanya diberikan bantuan finansial, kemungkinan akan cepat habis. Kita tidak bisa mengandalkan bantuan finansial seperti itu terus. Bantuan tidak hanya sekadar duit. Sehingga mereka tak hanya menggantungkan hidup dari yayasan saja. Saya berharap di kemudian hari para mantan pemain timnas ini dapat diberdayakan dan dapat mandiri,”kata Kurniawan.

Halaman Selanjutnya
img_title