Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023, Selandia Baru Malah Ketiban Ejekan Rasis

Timnas Sepakbola Wanita Spanyol
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Piala Dunia Wanita 2023 sedang dilangsungkan di Australia-Selandia Baru. Kontroversi terjadi baru-baru ini dan itu dilakukan oleh Timnas Wanita Spanyol.

Media Asing Sebut Kualitas Timnas Indonesia di Atas Vietnam, Ini Alasannya

Melansir viva.co.id, Media Marca menginformasikan, bahwa dalam satu sesi latihan pertama Timnas Wanita Spanyol di Auckland, Selandia Baru, ada empat pemain (Misa Rodriguez, Jenni Hermoso, Salma Paralluelo, dan Laia Codina) yang menirukan tarian Haka.

Gambar tersebut dirilis oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) melalui sebuah video. Kemudian video tersebut viral di media sosial dan ramai diperbincangkan di Selandia Baru.

Media Asing Puji Penampilan Timnas Indonesia U-23, Bandingkan dengan Vietnam

Mereka menganggap itu adalah sebuah ejekan karena yang menari tidak memahami aspek penting dari budaya. Media massa setempat pun ikut menyoroti.

Haka merupakan tarian Maori yang sering digunakan dalam konfrontasi olahraga atau perang. Kadang juga digunakan untuk menghormati tamu dan menunjukkan kepentingan sebuah pertemuan, seperti pernikahan dan pemakaman.

Momen Shin Tae-yong Kesal hingga Keplak Jeam Kelly Sroyer, Ternyata Gegara Ini

FIFA menyadari potensi adanya kontroversi berkepanjangan akibat hal ini. Kemudian perwakilan mereka berbicara kepada RFEF melalui sambungan telepon.

Dalam komunikasi itu dibeberkan bagaimana kemarahan yang meluas akibat video viral tersebut. Dan mereka juga mendapat jatah bermain di Selandia Baru.

Halaman Selanjutnya
img_title