KEK Mandalika NTB Akan Dibangun Destinasi Wisata Baru, Pembiayaan 100% dari Investor Tanah Air

Objek Wisata Kuta Mandalika
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - BUMN pengembangan dan pengelolaan kompleks pariwisata terpadu, yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), akan membangun lapangan berkuda (equestrian estate) di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

PosIND Buka Layanan Kargo Bagi Jamaah Haji Kirim Barang ke Tanah Air

Direktur Utama ITDC, Ari Respati mengatakan, pengembangan destinasi baru yang pendanaannya 100 persen berasal dari investor dalam negeri ini, awalnya hanya sebatas pacuan kuda seluas 25 hektare.  

"Namun, investor meminta perluasan lahan karena ingin menjadikan lokasi tersebut tidak sekadar menjadi pacuan kuda, melainkan kawasan berkuda lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya seperti vila," kata Ari dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2023) lalu.

7 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat untuk Libur Lebaran

Dia menambahkan, sebenarnya luasan 25 hektare itu tidak berbeda jauh dengan sirkuit. Bahkan infonya, investor yang belum bisa disebutkan namanya itu juga mau membuat desain seperti savana di kawasan tersebut. 

Pemkab Purwakarta Siapkan Puluhan Destinasi, Targetkan Kunjungan 150 Ribu Wisatawan

"Jadi nanti akan ada vilanya, itu tidak masalah," ujarnya.

Ari berpendapat, hal ini membuktikan bahwa KEK Mandalika mempunyai daya tarik bagi investor, usai sukses menggelar berbagai ajang internasional seperti MotoGP hingga WSBK. 

Halaman Selanjutnya
img_title