Pemandangan Savana Bromo Sebelum vs Sesudah Terbakar: Miris!

Destinasi Wisata, Gunung Bromo Blok Watangan (Probolinggo)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA JabarPerbandingan miris Bukit Teletubbies sebelum dan sesudah kebakaran menjadi viral di media sosial. Tak main-main jika pemandangan memilukan ini menampilkan pegunungan hitam sejauh mata memandang.

Nikita Mirzani Ungkap Alasan Tak Bisa Akur Lagi dengan Lolly: Patah Hati

Mirisnya, peristiwa terbakarnya Bukit Teletubbies masih terus terjadi hingga saat ini karena sulitnya memadamkan lahan tandus di dataran tinggi, apalagi cuaca saat ini sedang memasuki musim kemarau.

Sehingga upaya pemadamannya masih dilakukan secara manual, yakni memadamkan api yang menjalar ke seluruh padang savana. Beberapa petugas kesulitan melakukan pemadaman manual karena panasnya api dan kelelahan karena menggunakan tenaga manusia.

Gudang Peluru Milik TNI AD di Bogor Kebakaran, Warga Dekat Lokasi Dievakuasi

Pemandangan barang bukti Teletubbies setelah dan sebelum dibakar dibagikan akun Instagram @exploremalang. Nampaknya akun tersebut memantau dengan drone atau pesawat tak berawak yang dilengkapi kamera pemantau, sehingga pemandangan padang savana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bisa terlihat dari kejauhan.

"Before after kebakaran Bromo," tulis @exploremalang dalam captionnya.

Diduga karena Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Cipunagara Ludes Dilalap Api

Dalam video tersebut terlihat Savana Bromo yang berwarna coklat kehijauan sejauh mata memandang. Pemandangan pegunungan dan perbukitan sangat indah dan banyak dicari wisatawan agar bisa berfoto dengan latar belakang fenomena alam tersebut.

Tak lama kemudian, dalam video tersebut pemandangan berubah menjadi bukit dan gunung berwarna hitam legam menyerupai abu bekas pembakaran arang. Mirisnya, debu hasil pembakaran jika tertiup angin bisa merusak saluran pernafasan. Mirisnya, luas lahan yang terbakar mencapai lebih dari 50 hektare. Hal ini bahkan menyebabkan kawasan TNBTS ditutup selama beberapa hari untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title