Pertama di Dunia, Kawah Asteroid Ditemukan Ilmuwan China di Puncak Gunung Baijifeng

Destinasi Wisata, Temuan Kawah Asteroid di Puncak Gunung Baijifeng
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Sebuah lembaga penelitian China, Center for High Pressure Science and Technology Advanced Research (HPSTAR) mengungkap hal unik ditemukan di puncak gunung China.

Shin Tae-yong Tolak Latih Skuad Negara Lain Demi Timnas Indonesia, Meski Bayarannya Mahal

Chen Ming, salah seorang ilmuwan sekaligus peneliti lembaga yang berpusat di Beijing itu, menemukan kawah asteroid di ketinggian gunung yang berada di wilayah timur laut China.

Menurut Chen Ming, penemuan ini memberikan perspektif baru untuk mengeksplorasi mekanisme pembentukan kawah tumbukan dan efek metamorf guncangan di medan dan lanskap yang unik.

Punya Pemain Muda Berbakat, Timnas Indonesia Ditakuti Media China

“Sebagian besar asteroid berdampak pada permukaan Bumi, menciptakan kawah berbentuk mangkuk atau kawah kompleks dengan puncak di tengahnya,” kata Chen.

Gunung Ili Lewotolok Meletus, Warga Lembata Harus Siaga

Hasil research yang Ia lakukan, kawah tumbukan itu memiliki diameter 1.400 meter. Penemuan Kawah Tumbukan yang terletak di puncak Gunung Baijifeng di Taman Hutan Nasional Baijifeng di Tonghua, Provinsi Jilin, jadi yang pertama di dunia.

Sementara, Laman News CGTN menuliskan pada Senin (21/9/2023), bahwa ini adalah cekungan berbentuk lingkaran, dengan perbedaan ketinggian sekitar 400 meter dari tepi tertinggi ke tepi terendah.

Halaman Selanjutnya
img_title