Dorong Bangkitnya Industri Ekraf Lewat Budidaya Ikan Air Tawar

Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno dalam Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, Pakan Mandiri, dan Olahan Ikan di Akaw Fish Farm, Kabupaten Ciamis, Kamis 7 April 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mendorong bangkitnya UMKM pasca pandemi Covid-19.

PDI Perjuangan Konsolidasi Jemput Kemenangan Pilkada di Jabar, Punya 63 Bakal Calon

Dalam kesempatan ini, Menparekraf mengajak masyarakat Ciamis khususnya pelaku usaha budidaya ikan air tawar untuk berkolaborasi mengembangkan usahanya. Sebab peluang dalam usaha ini dinilai sangat besar sehingga bisa berperan penting dalam menciptakan target 4,4 juta lapangan kerja baru.

"Budidaya ikan tawar ini jadi salah satu solusi karena bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Target kita 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata," ucap Menparekraf.

Ahmad Husein, Mantan Atlet Kungfu Subang yang Sering Berlaga di Tingkat Provinsi Jabar

Terkait budidaya ikan tawar ini, Menparekraf menyebut perlu adanya sentuhan semua pihak. Menurutnya, tidak hanya dari pemerintah saja, tapi juga dari dunia usaha, komunitas, dan pihak lain.

"Ikan tawar ini juga masa panennya cepat. Sehingga, bisa mendatangkan banyak peluang. Usaha ini sangat menjanjikan," tuturnya.

Dedi Mulyadi: Saya Sudah Lama Jadi 'Gubernur'

"Kepada peserta pelatihan tetep semangat. Tadi juga ada peserta yang baru saja tutup usahanya karena Covid. Dengan itu kita ajak bergabung di komunitas H.Akaw dan UKM Sahabat SandiUno agar bangkit kembali, usahanya bisa meningkat, dan pendapatnya semakin banyak," ujarnya lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua Komunitas Dulur Galuh Ciamis Akaw Kusnadi mengaku bangga bisa dilibatkan Kemenparekraf RI dalam upaya membangkitkan sektor ekonomi kreatif daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title