Tidak Berkurang dan Berlebih, Hewan ini Ada di Pemandian Cibulan

Wisata pemandian cibulan
Sumber :
  • Screenshot

Viva Jabar – Ada hewan yang tidak berkurang dan tidak berlebih. Hewan ini ada di tempat Wisata Pemandian Cibulan lokasinya di Kabupaten Kuningan. Atau sekitar 1 jam perjalanan dari Cirebon atau tempat penghasil udang. 

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Melansir dari VIVAnews, di pemandian Cibulan, pengunjung bisa berenang bersama ikan dewa atau nama latinnya kancra bodas (Labeobarbus Dournesis). 

Sebagai tambahan informasi, mengutip dari beberapa sumber, Ikan dewa atau yang juga disebut sebagai ikan kancra adalah spesies ikan yang berkerabat dengan ikan mas dan menyebar luas di kawasan Asia Tenggara ke selatan hingga ke Indonesia. Ikan dewa sendiri merupakan ikan yang hidup di air tawar asal perariran Indo-Australia dan anak benua India dari famili Cyprinidae. Ikan dewa termasuk ikan yang pertumbuhannya lambat. Karena pertumbuhannya lambat, tak heran ikan ini berumur panjang. 

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Ikan dewa adalah ikan jinak dengan kepala hitam, sisik besar dan cula kecil di bagian bawah dekat insang. Kabarnya, ikan ini hanya ada di Jawa barat. 

Pengunjung bisa berenang di pemandian cibulan dengan ikan-ikan ini. Konon, ikan ini merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang lalu dikutuk menjadi ikan. Selain berenang, pengunjung bisa merasakan sensasi ciuman dengan ikan dewa atau dalam mitosnya disebut-sebut Prajurit Prabu Siliwangi. 

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Mitos lainnya, diceritakan oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, adalah jumlah ikan ini tidak pernah berkurang atau bertambah.

"Mitos mengatakan bahwa ikan ini jumlahnya tetap, tidak berkurang atau bertambah," kata Acep saat audiensi bersama Forum Wartawan Kementrian Pariwisata RI, di rumah dinas bupati Kuningan, Jawa Barat. 

Halaman Selanjutnya
img_title