Al Balad Jeddah Sebagai Destinasi Kota Tua, Tempat Jamaah Haji Berwisata

Al Balad, Jeddah
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pemandangan sibuk di Kota Tua Jeddah Al Balad nampak jelas terlihat. Sekitar pukul 17.00 Waktu Arab Saudi, lalu lalang pengunjung membuat kawasan tersebut padat, jalan-jalan kecil di kawasan itu juga tersendat.

7 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat untuk Libur Lebaran

Sepanjang menyusuri kawasan Al Balad, bangunan tua penuh debu nampak klasik. Arsitekturnya khas, dibangun menggunakan batu dan koral dengan jendela kayu yang terukir indah.

Kawasan kota tua kuno ini didirikan pada awal abad ke-7. Al Balad berfungsi sebagai pusat komersial Jeddah sebelum ledakan minyak tahun 1970-an terjadi. 

10 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan Lebaran

Dikutip laman Welcome Saudi, kawasan kota tua Al Balad dahulu berfungsi sebagai pelabuhan perdagangan kuno dan merupakan pintu gerbang utama ke Kota Suci Mekkah bagi para peziarah yang melakukan perjalanan Haji dan Umrah. 

Yang unik dari kawasan Kota Tua Jeddah ini adalah banyaknya lorong-lorong yang sempit, jalan-jalan berdebu, dan teras-teras indah yang cukup sulit dinavigasi oleh pendatang baru. 

Pemkab Purwakarta Siapkan Puluhan Destinasi, Targetkan Kunjungan 150 Ribu Wisatawan

Menariknya, arsitektur yang rapat dan padat inilah yang membuat tempat ini tetap sejuk meski panas terik di Jeddah. 

Beberapa bangunan tua di Al Balad berusia lebih dari 500 tahun dan dilestarikan oleh Kementerian Kebudayaan Saudi agar terlihat seperti baru.

Halaman Selanjutnya
img_title