KPK Tetapkan Wali Kota Bandung Sebagai Tersangka Korupsi Proyek Smart City

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana
Sumber :
  • Berbagai Sumber

JabarWali Kota Bandung, Yana Mulyana telah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jum'at, 14 April 2023.

Yana ditangkas atas dugaan penerimaan gratifikasi pengadaan CCTV dan Jaringan Internet dalam proyek Smart City tahun anggaran 2022-2023.

Selanjutnya, KPK menetapkan Yana Mulyana bersama lima orang lainnya yang terjaring dalam operasi tangkap tangan tersebut.

"KPK menetapkan enam orang tersangka," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan pada Minggu, 16 April 2023 dini hari.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

Photo :
  • Istimewa

Bersama Yana Mulyana, lima tersangka lainnya adalah Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Dadang Darmawan, Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkot Bandung Khairul Rijal, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny, Manager PT SMA Andreas Guntoro, dan CEO PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sony Setiadi.

Dalam keterangan lebih lanjutnya, Ghufron menjelaskan awal mula kasus gratifikasi dalam proyek tersebut. Pada tahun 2018, Pemkot Bandung sudah merencanakan program Smart City di Kota Kembang itu.