Rotasi Pemain dan Utak-atik Strategi Shin Tae-yong Bikin Blunder, Indonesia Kalah dari China!

Indonesia Vs China
Sumber :

VIVAJabar – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melakukan perubahan di tubuh tim utama Skuad Garuda dari pertandingan sebelumnya saat melawan Bahrain. Perubahan tersebut berujung kekalahan Indonesia dari China.

Indonesia bertanding melawan China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, China pada Selasa, 15 Oktober 2024. Dalam pertandingan itu, Indonesia kalah 2-1 dari Tim Naga tersebut.

Gol China dicetak oleh Behram Abduweli dan Zhang Yuning. Sementara satu-satunya Indonesia diciptakan oleh Thom Haye.

Dalam laga ini, Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan di tim utama dari laga sebelumnya saat Garuda lawan Bahrain. Malik Risaldi, Thom Haye, dan Sandy Walsh yang sebelumnya menjadi starter, diputuskan duduk di bangku cadangan.

Selain itu, posisi Calvin Verdonk juga digeser ke bek tengah sisi kiri. Eksperimen lain adalah Pratama Arhan juga dipindah ke sisi kanan.

Pengamat sepakbola Tanah Air, Akmal Maruli mengatakan bahwa eksperimen Shin Tae-yong itu berakibat blunder.

"Cukup blunder rotasi empat pemain yang dilakukan pelatih STY dilaga melawan Cina ini ketimbang saat melawan Bahrain lalu. Yang cukup fatal dan mengejutkan adalah dicadangkannya Thom Haye," kata Akmal Marhali dalam pernyataannya.