MUI Ungkap Alasan Larang Film Kiblat Tayang di Bioskop

Film Kiblat
Sumber :
  • Instagram @cholilnafis

VIVA Jabar – Film Kiblat yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures dilarang tayang di bioskop. Ada beberapa alasan dilarangnya film bergenre horor ini tayang.

MUI Larang Umat Islam Gunakan Produk Israel saat Ramadhan 2024

“Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram ko’ judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya ka’bah, arah menghadapnya orang-orang shalat,” ujar Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis, dikutip dari VIVA, Senin, 25 Maret 2024.

“Kalau ini benar sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” imbuhnya.

Dinilai Bikin Gaduh, Sutradara dan 3 Pemeran Dirty Vote Dipolisikan

Menurutnya, promosi sensitive dan kontroversi sering digunakan dalam promosi film seperti promosi film kiblat ini. Hal ini digunakan mereka agar menarik perhatian banyak penonton. 

Kata Cholil, jika film menyinggung agama biasanya tidak diputar di bioskop. Simbol keagamaan sering digunakan oleh pebisnis untuk meraup keuntungan, kata Cholil.

Nonton Film Gratis Tanpa VPN dan Sensor di Browser Yandex 2024, Begini Caranya!

“Seringkali reaksi keagamaan dimainkan oleh pebisnis utk meraup untung materi. Yang gini tak boleh dibiarkan harus dilawan,” pungkasnya.

Nampaknya beberapa warganet juga setuju dengan pendapat Cholil Nafis. Film kiblat ini ramai diperbincangkan di media sosial X. Da’i dan penulis Gus Hilmi juga berkomentar soal film kiblat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title