Fakta tentang Ginjal, Bisakah Manusia Hidup dengan Satu Ginjal Saja? Berikut Ulasan Dokter

Ilustrasi Ginjal
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar – Ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting, seperti menyaring zat-zat limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari aliran darah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal memiliki dampak positif terhadap kesehatan keseluruhan tubuh.

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

Normalnya, setiap manusia memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun, banyak orang di dunia ini yang mengalami masalah dengan ginjalnya sehingga terpaksa hanya hidup dengan satu ginjal saja. Menurut dr. Dina Nilasari, PhD, SpPD-KGH, ada beberapa penyebab seseorang hanya punya satu ginjal dalam tubuhnya, misalnya bawaan lahir, mendonorkan ginjal pada orang lain, dan mengalami kerusakan ginjal sehingga harus dilakukan pengangkatan.

Tubuh manusia sebenarnya bisa bekerja hanya dengan satu ginjal. Namun, hal tersebut akan menjadi faktor pemicu beberapa gangguan kesehatan atau penyakit di kemudian hari. Hal paling mendasar yang pasti dirasakan oleh pemilik satu ginjal adalah kondisi tubuh yang mudah lelah.

7 Negara Paling Aman di Dunia, Maling Auto Gak Betah!

Ilustrasi Sakit Perut atau Gagal Ginjal

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Apapun itu penyebabnya, punya satu ginjal akan menimbulkan risiko. Beberapa penelitian menyebut akan menurunkan kualitas hidup, tapi tergantung dengan alasan kita dan penyebab kita punya satu ginjal," jelas Dokter Dina, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 24 Juli 2023.

Ramalan Zodiak Hari Ini 9 April 2024: Asmara, Karier dan Kesehatan

Dokter Dina mengonfirmasi bahwa orang yang hidup hanya dengan satu ginjal akan lebih mudah merasa lelah karena ginjal itu harus bekerja dua kali lebih ekstra menggantikan ginjal yang satunya.

"Kita didesain punya dua ginjal, kalau punya satu saja membuat dampak bahwa satu ginjal ini harus bekerja optimal mengerjakan tugas ginjal satunya. Jadi, beban kerjanya meningkat lalu apapun peran ginjal dalam tubuh kerjanya jadi dobel," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title