Dampak dan Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Industri Media

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut mengimani jika datangnya era kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) dapat memberikan dampak serius bagi industri media.

Ini Manfaat Luar Biasa Bayam Merah untuk Kesehatan

Oleh karena itu, Wens berharap jika perusahaan media bisa menghadapi disrupsi datangnya era kecerdasan buatan.

"AI bisa bantu dari sisi operasional newsroom. Orang selalu bilang bahwa open AI, open problem. Selalu datang membantu kita dengan format yang sangat dahsyat, tetapi bisa juga sangat dahsyat impactnya," kata Wenseslaus Manggut di acara Indonesia Digital Conference (IDC 2023) dengan tema Artificial Intelligence for Business Transformation: Tantangan Etik, Inovasi, Produktivitas dan Daya Saing di Berbagai Sektor', Selasa, 22 Agustus 2023.

Ancaman Serius yang Wajib Diwaspadai dari Dampak Konsumsi Gula Berlebih

Selain itu, Wens juga menyinggung concern AMSI agar mendorong hak-hak perusahaan media dalam publisher rights agar bisnisnya tetap baik.

Wens meminta isu publisher rights ini bisa rampung dengan segera. Pasalnya, hal ini tidak hanya berkaitan konvensional platform saja tapi juga berkaitan dengan platform baru seperti TikTok dan micro community.

Berdayakan Indonesia dengan AI, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Kolaborasi

"Konvensional platform relasinya masih kuat dengan kita. Bisnis mereka bisnis kita, bisnis kita bisnis mereka juga," kata Wens.

Sebelumnya, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria memaparkan soal pemanfaatan dan dampak kecerdasan buatan atau AI bagi industri media.

Halaman Selanjutnya
img_title