Arti Kata 'Maneh' yang Dipakai Guru Honorer di Cirebon Komentari Unggahan Ridwan Kamil

Isi komentar dari Guru SMK terhadap Ridwan Kamil
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Sedang hangat diperbincangkan tentang seorang guru honorer asal Cirebon Jawa Barat yang dipecat gegara memberikan kritik dengan kataManeh’ kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui media sosial Instagram

Populer di Instagram, Shin Tae-yong Raup Uang dengan Jadi Bintang Iklan

Guru honorer bernama Muhamad Sabil Fadilah tersebut dipecat lantaran melontarkan komentar dengan kata-kata yang dianggap kurang tepat kepada Ridwan Kamil yang mengunggah video saat dirinya melakukan zoom dengan anak-anak sekolah di SMPN 3 Kota Tasikmalaya. 

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil? (Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur atau kader partai atau pribadi)," tulis akun @sabilfadhillah yang dikutip pada Kamis, 16 Maret 2023. 

Zara Unggah Foto Tanpa Hijab, Netizen Singgung Mendiang Eril

Sontak komentar tersebut langsung dibalas oleh Ridwan Kamil dan kini guru honorer tersebut langsung dipecat oleh pihak sekolah dari tempatnya bekerja sebagai guru di dua SMK di Cirebon.

"@sabilfadhillah ceuk maneh kumaha (menurut kamu gimana)?" jawab Ridwan Kamil. 

Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab, Zara Ungkap Alasannya

Arti Kata Maneh dalam Bahasa Sunda

Gara-gara kata ‘Maneh’ seorang guru di Cirebon jadi kehilangan pekerjaannya sebagai guru honorer. Kata ‘Maneh’ sendiri secara umum dalam bahasa Sunda memiliki arti ‘Kamu’. Namun, dalam tata bahasa atau secara sopan santun dalam bahasa Sunda mengandung makna berbeda jika salah diterapkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title