Data Fakta, IoT Antares Hasilkan Dampak Positif ke Industri di Indonesia

Ilustrasi Internet of Things
Sumber :
  • pinterest.com

VIVA Jabar – Teknologi Internet of Things (IoT) semakin gencar digunakan di tanah air, terutama di sektor industri produktif. Terbukti, IoT mampu menghasilkan dampak positif di sektor logistik dan manufaktur. Terlebih untuk meningkatkan efisiensi operasional dan monitoring aset.

Melejit, Kini IoT Lebih Banyak Digunakan daripada Smartphone di Indonesia

President Startup Bandung, Grahadea Kusuf menyampaikan saat dimintai komentar terkait pengimplementasian IoT Tracking Container milik Antares besutan Leap Telkom Digital, guna memaksimalkan pelacakan unit kontainer yang dimiliki oleh PT Tanto Intim Line (Tanto), salah satu perusahaan ekspedisi pelayaran besar di Indonesia. 

Menurut dia, dalam sektor logistik yang sangat dinamis, monitoring dan kontrol jarak jauh menjadi hal yang sangat krusial sekaligus dapat menunjang kinerja keseluruhan proses bisnis sebuah perusahaan.

Turis di Bali Kembali Berulah di Malam Hari, Netizen Geram

Ilustrasi Internet of Things

Photo :
  • pinterest.com

"Implementasi IoT Tracking Container diharapkan dapat mendorong semakin meluasnya penggunaan IoT di industri logistik maupun pada sektor produktif lainnya di Indonesia," katanya dalam keterangan pers pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Sheila On 7 Gelar Konser, Berikut Jadwal Lengkapnya

Grahadea menambahkan bahwa IoT Tracking Container merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan di sektor logistik. Misalnya pada implementasi yang dilakukan di Amerika Serikat, tepatnya oleh Link-labs di tahun 2018, penggunaan IoT mereduksi bea hingga 1/15 daripada menggunakan teknologi GPS.

"Itupun tingkat keandalannya tetap bagus walau tarif lebih murah 1/15. IoT di bisnis sangat berpotensi meningkatkan efektifitas dan performa bisnis," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title