Usia Anak Hingga Dewasa Rentan Diabetes, Ini Ciri-ciri Orang Diabetesi

Ilustrasi Sakit Diabetes
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang patut diperhatikan belakangan ini karena diidap tidak hanya oleh orang-orang berusia lanjut tetapi juga di usia produktif. 

Hasil Studi: 5 Sayuran yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup. Namun, sejumlah masyarakat kerap kali meyakini bahwa penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan ngemil. 

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena camilan yang manis mengandung tinggi gula dan kalori yang memicu lonjakan gula darah hingga obesitas.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

“Ketika mengonsumsi bahan makanan tinggi kalori, dapat memicu terjadinya obesitas. Obesitas merupakan faktor risiko terjadinya penyakit diabetes, oleh karenanya ngemil harus diperhatikan dari jumlahnya dan dari jenis camilan yang dikonsumsi. Supaya tidak memicu terjadinya penyakit diabetes,” ujar Healthcare Communicator Kalbe Nutritionals, dr. Adeline Devita, dalam live Instagram @ptkalbefarmatbk. 

Ancaman Serius yang Wajib Diwaspadai dari Dampak Konsumsi Gula Berlebih

Penyakit diabetes dapat terjadi pada anak hingga orang dewasa dan memiliki tanda atau gejala yang sama. Salah satunya, orang tersebut akan mudah lelah, tetapi tidak karena beraktivitas berat. 

Begitu juga dengan anak-anak yang kalau capai akan banyak tidur, padahal usia anak-anak seharusnya aktif dengan banyak aktivitas.

Halaman Selanjutnya
img_title