4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Menjegah Penyakit

Daun Sirih
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar –Manfaat daun sirih banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. Memiliki beragam manfaat, daun ini mengandung protein, yodium, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenol dan minyak atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang umum ditemukan yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Keduanya memiliki segudang manfaat kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Merah

Terdapat  beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Apa saja manfaatnya?

1. Menyembuhkan luka Sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

2. Mencegah infeksi karena bakteri Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mencegah infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih merah ini mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

3. Obat rematik Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit pada sendi yang sering dirasakan sebagian orang. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Mereka yang mengidap rematik umumnya akan kecanduan mengonsumsi obat kimia untuk meredakan nyeri. Konsumsi obat kimia terus menerus tentu saja kurang baik dan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan di masa mendatang.

Menyadari hal tersebut, banyak penderita rematik mulai beralih pada pengobatan herbal. Salah satu nya menggunakan sirih merah. Falvonoid dan fenol di dalam sirih merah memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada penderita rematik.

4. Menangkal radikal bebas Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya karena bisa merusak sel dalam tubuh. Beberapa kandungan flavonoin, tanin, polifenol, dan alkaloid pada sirih merah sangat baik untuk menangkal radikal bebas karena bersifat antioksidan. Dengan demikian, penyakit seperti jantung, kanker, dan alzheimer juga bisa dicegah.

Timnas Indonesia U-23 Jumpa Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23