Begini Cara Pemerintah Bangun IKN

Rancangan IKN, Desain Sekretariat Presiden
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pemerintah mengandalkan investasi dari swasta sebagai motor utama penggerak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Karena itu berbagai insentif dan kolaborasi dengan sektor swasta pun dilakukan.

6 Jenis Bansos Mei 2024 yang Disiapkan Pemerintah, Apa Saja?

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN.

Dimana pembiayaan infrastruktur IKN diklasifikasikan melalui APBN sebesar 20 persen, dan sumber lain yang termasuk investasi dari swasta sebesar 80 persen. 

Kemenpora Instruksikan Intansi Pemerintah Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Atas dasar itu, kemudian lahir The Nusantara Global Investors Initiative (NGII), untuk menjembatani ketertarikan investor yang akan berinvestasi di IKN. 

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu dari Pemerintah! Pelajari Cara dan Syaratnya Sekarang!

NGII juga menjadi solusi terpadu yang menjangkau setiap langkah dalam pipa untuk investor yang ingin memasuki dan membangun IKN.

"Saat ini kami memfasilitasi berbagai perusahaan multinasional untuk melihat secara langsung berbagai potensi investasi di IKN. Mereka berasal dari Eropa, Amerika, Perancis, Inggris, Jepang, Korea, Malaysia dan Tiongkok," ujar Osagi di Jakarta dikutip dari keterangannya, Senin, 18 September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title