Dunia Digemparkan Teror Virus Nipah, Berikut 6 Fakta Mengerikan tentang Virus Nipah

Virus Nipah
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar - Virus Nipah merupakan salah satu jenis virus yang mengancam serius kesehatan manusia dan lingkungan. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Malaysia pada tahun 1999 ketika terjadi wabah yang menyebabkan kematian puluhan orang.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Tidak hanya berdampak pada manusia, virus Nipah juga menyerang ribuan hewan ternak. Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam tentang virus Nipah untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap penyebarannya. Topik pembahasan meliputi asal-usul virus, gejala yang ditimbulkannya, cara penyebarannya, dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

1. Asal Usul Virus Nipah

Vietnam Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23, Malaysia Angkat Koper

Virus Nipah pertama kali diidentifikasi di Kampung Sungai Nipah, Malaysia, pada tahun 1999, oleh sejumlah peneliti yang bekerja keras untuk mengungkap penyebab wabah misterius yang menyebabkan penyakit serius pada manusia dan hewan. Virus ini kemudian dinamakan sesuai dengan lokasi penemuan pertamanya.

2. Penyebaran Virus

Vietnam Dipastikan Lolos ke 8 Besar Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Malaysia

Ilustrasi Virus & Bakteri

Photo :
  • Screenshoot berita sahijab.com

Virus Nipah sebagian besar menyebar melalui hewan perantara seperti kelelawar buah dan babi. Kelelawar buah adalah reservoir alami dari virus ini dan dapat mengeluarkannya tanpa menunjukkan gejala penyakit. Ketika manusia atau hewan lain terinfeksi virus ini melalui kontak dengan air liur atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi, maka penularan bisa terjadi.

Halaman Selanjutnya
img_title