Telkomsel Bentuk Asisten Virtual Veronika Lebih Cerdas dan Mahir

Ilustrasi Jaringan Internet, Upgrade 4G LTE Telkomsel
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Perusahaan BUMN, Telkomsel terus berinovasi dalam memberikan layanan prima kepada para pengguna. Kali ini, asisten virtual Veronika disediakan lebih sempurna dan canggih.

Wow! Realme C75 Sudah Meluncur, Cek Spesifikasi Unggulnya di Sini

"Telkomsel Veronika. Anda terhubung dengan nomor..." begitu bunyi suara dari asisten virtual ketika si penelepon tidak terhubung dengan seseorang yang dituju. 

Telkomsel menjelaskan, ke depan kemampuan Veronika kian ditingkatkan agar pelanggan merasa lebih dekat.

Tecno Camon 40 Pro 5G Siap Meluncur dengan Chipset Octa-Core dan Kamera 50 MP

Tidak main-main, Veronika kini menjadi lebih mahir dan alami dalam menjawab pertanyaan pelanggan seputar Telkomsel dan IndiHome. 

Realme C75: Smartphone Terbaru dengan Chipset Helio G92 Max dan Baterai 6.000 mAh

Salah satu contoh perbaikan untuk Veronika adalah chatbot ini diberikan kemampuan emosi sehingga ketika pelanggan mengutarakan kendala, ia bisa memberikan respons yang menunjukkan rasa simpati.

Kali ini, Telkomsel meningkatkan kapabilitas Veronika dengan mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. 

Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning.

Ilustrasi Teknologi, Telkomsel Veronika

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Pemutakhiran Veronika dapat dinikmati di layanan Aplikasi MyTelkomsel. Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto menjelaskan, sejak pertama kali dihadirkan Telkomsel pada 2017, asisten virtual Veronika berkomitmen untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan.

Kemudahan yang dimaksud Telkomsel adalah mengembangkan fitur berbasis chatbot dengan memanfaatkan keunggulan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif. 

Ilustrasi Teknologi, Aplikasi MyTelkomsel

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Kami berharap, layanan asisten virtual Veronika yang semakin cerdas ini dapat menjadi solusi untuk semua kebutuhan layanan pelanggan, sekaligus dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi seluruh pelanggan Telkomsel," ungkap Danang, dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/9/2023)

Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan, memungkinkan Veronika untuk merespons dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural. 

Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik. 

Ilustrasi Jaringan Internet, Dir. Penjualan Telkomsel (Adiwinahyu B S)

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Dengan teknologi kecerdasannya saat ini, Veronika mampu merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan product knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat. 

Seiring dengan pengintegrasian Microsoft Azure OpenAI Service, Veronika juga akan terus berinovasi dan melakukan improvement mengikuti kemajuan teknologi. 

Perbaikan tanpa henti menjadi upaya Telkomsel untuk meningkatkan kecerdasan chatbot, sehingga ke depannya Veronika dapat menjadi asisten virtual yang memahami pelanggan.