Kisah Tuti Anak Petani Karawang, Berawal dari Waiters Lulusan SMP Kini Jadi Miliarder

Tuti Wulandari
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Ini adalah kisah Tuti Wulandari (29). Dia adalah owner Hyde Beauty Skincare, brand kosmetik yang kini sedang naik daun.

Komitmen HM Sampoerna Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Produk Lokal Mangga di Karawang

Tuti kini hidupnya bisa terbilang mapan berkat usaha yang digelutinya tersebut. Berawal dari buruh hingga jadi bos pabrik brand kosmetik beromzet miliaran rupiah, begini kisahnya.

Tuti merupakan anak buruh tani yang dulunya hidup terbatas di pedalaman Indramayu. Ia mencoba mencari rezeki dengan datang ke Karawang.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

"Saya dulu seorang waiters di restoran, merantau dari Indramayu ke Karawang sekitar tahun 2009, jadi pertama datang memang bekerja jadi waters," ujar Tuti, saat bercerita di pabrik cosmetic miliknya, yang beralamat di Jalan Serang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang.

Tuti menuturkan, menjadi seorang waiters bukanlah tujuan utamanya datang ke kota Industri, namun apa mau dikata, bermodalkan ijazah yang hanya lulusan SMP, ia hanya bisa bekerja sebagai seorang pramusaji di restoran.

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

"Dari dulu Karawang kan terkenal banyak pabrik, kota industri lah yah, tujuan datang kesini sebenarnya bukan berniat jadi waiters minimal jadi karyawan pabrik. Cuma mau gimana lagi saya kan cuma lulusan SMP yah, jadi hanya bisa ngelamar pelayan restoran," kata dia.

Sebab kurangnya kondisi ekonomi keluarga Tuti lah, yang membuat ia hanya bisa bersekolah sampai SMP, dan membuat dirinya nekat merantau untuk membantu mengurangi beban ekonomi keluarga di kampung.

Halaman Selanjutnya
img_title