Lima Tumbuhan Liar yang Aman Dikonsumsi, Apa Saja?

Ilustrasi Dandelion
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Dalam situasi darurat atau jika terdampar di alam liar, pengetahuan tentang tumbuhan yang dapat dikonsumsi bisa menjadi pengetahuan hidup.

Datangi Kejaksaan, LAK Galuh Pakuan Tebar Snack Kotak

Berikut adalah lima tumbuhan liar yang dapat memberikan sumber makanan, dikutip dari tvOnenews, Sabtu, 11 Mei 2024.

1. Dandelion: Dandelion tidak hanya tumbuhan hias biasa di halaman rumah, tetapi juga dapat dimakan. Daunnya yang berbentuk gigi dan bunga kuningnya dapat dimakan mentah atau dimasak. Mereka kaya akan vitamin A, C, dan K.

Empat Makanan Terbaik untuk Kesehatan Tulang

2. Cattail: Cattail adalah tumbuhan yang serbaguna dengan bagian yang dapat dimakan. Akar, batang, dan bulirnya dapat dimakan. Akarnya dapat dimasak seperti kentang, batangnya dapat dimakan mentah atau direbus, dan bulirnya dapat digiling menjadi tepung untuk membuat roti.

3. Raspberry: Raspberry liar tumbuh di hutan dan tepi jalan. Buahnya yang manis dapat dimakan langsung atau digunakan untuk membuat selai, jus, atau kue. Mereka kaya akan serat dan antioksidan.

Hasil Studi: Memanaskan Makanan Bisa Meningkatkan Kolesterol!

4. Stinging Nettle: Walau terkenal karena menyebabkan rasa terbakar pada kulit, daun dari stinging nettle dapat dimakan setelah dimasak. Mereka kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin.

5. Wild Garlic: Wild garlic adalah tumbuhan yang mirip dengan bawang putih. Daunnya yang beraroma kuat dapat digunakan sebagai bumbu atau dimakan mentah dalam salad. Mereka juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title