Cerdas! Hewan ini Bisa Mengenal Diri Sendiri dalam Cermin

Simpanse
Sumber :
  • viva

VIVAJabar – Para ilmuwan telah meneliti banyak spesies untuk menganalisis spesies mana yang bisa mengenali diri sendiri ketika berhadapan dengan cermin. Pengenalan cermin ini dilakukan pertama kali pada hewan simpanse tahun 1970 lalu. Hasilnya adalah ditemukan bahwa simpanse bisa mengenali diri sendiri dalam cermin. Mereka diberi tanda dengan pewarna merah pada wajahnya ketika dibius. Lalu ketika terbangun, mereka pun memeriksa tanda yang dilihatnya di cermin.

Polisi Kebingungan Bedakan Antara Benda Bersejarah dengan Puing Kebakaran Museum Nasional

Rupanya, masih ada hewan lain yang juga bisa menyadari dirinya di dalam cermin. Berikut ini dalah beberapa di antaranya:

Gajah Asia: Seekor gajah asia lulus tes pengenalan diri ini dari Kebun Binatang Bronx.

Unik, Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

Orangutan: Ternyata, orangutan juga bisa mengenali diri mereka di cermin. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1973 lalu.

Murai Eurasia: Burung murai Eurasia pun menjadi unggas pertama yang lulus tes pada tahun 2008 lalu.

Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru Bikin Geger

Lumba-lumba: Lumba-lumba bisa memakai bayangan mereka untuk memeriksakan tanda di tubuh. Penelitian ini dilakukan pada tahyn 1995 dan 2001.

Namun tentu banyak juga binatang yang tidak menyadari dirinya dalam cermin. Mereka gagal lulus dalam tes ini. Misalnya pada monyet yang biasanya melihat diri sendiri hari pantulan mata binatang latin. Berikut adalah binatang yang tidak lolos hasil tes penelitian:

Halaman Selanjutnya
img_title