5 Pekerjaan Ini Tidak Akan Bisa Digantikan oleh AI

Pendidikan
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Pada era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, keberadaan Artificial Intelligence (AI) sudah mulai menjadi bagian dari kehidupan. Dari mengoperasikan mesin pabrik hingga membantu tugas sehari-hari di rumah, AI memberikan banyak manfaat yang tidak bisa dipungkiri. 

Bio Farma Siap Jalin Kerjasama dalam Meningkatkan Ketahanan Kesehatan

Namun, seiring dengan kemajuan tersebut, muncul kekhawatiran bahwa AI akan mengambil alih banyak pekerjaan yang saat ini dilakukan manusia. Meskipun demikian, ada beberapa pekerjaan yang sulit untuk digantikan oleh AI. 

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh AI.

1. Pekerjaan Kreatif

Samsung Galaxy Z Flip 6 Punya 5 Fitur AI Ini, Cek di Sini!

Pertama, AI tidak bisa menggantikan pekerjaan yang melibatkan kreativitas tinggi seperti seniman, penulis, dan desainer grafis memerlukan sentuhan manusia yang unik. Kreativitas adalah sesuatu yang berasal dari pengalaman, emosi, dan imajinasi yang sulit untuk diprogramkan ke dalam sebuah mesin. Meskipun AI dapat membantu dalam hal teknis, ide orisinal dan interpretasi artistik tetap memerlukan campur tangan manusia.

2. Pekerjaan dengan Keterampilan Sosial Tinggi

Kedua AI juga akan sulit menggantikan profesi seperti psikolog, konselor, dan pekerja sosial memerlukan empati, intuisi, dan kemampuan untuk memahami dan merespon emosi manusia secara mendalam. AI mungkin bisa menganalisis data emosi, tapi tidak bisa merasakan dan memberikan respon yang benar-benar manusiawi. Hubungan interpersonal dan dukungan emosional yang tulus hanya bisa diberikan oleh manusia.

Halaman Selanjutnya
img_title
Diduga karena Masalah Pribadi, Rumah Dinas Guru SD Digembok Kepala Sekolah