WAN Bangun Taman Baca Tingkatkan Literasi di Desa Terpencil

Ilustrasi Literasi
Sumber :
  • Pinterest

VIVAJabar - Lembaga sosial Wujud Aksi Nyata merenovasi dan membangun taman baca di desa tertinggal wilayah Garut. Fasilitas tersebut kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi anak-anak dan tempat musyawarah masyarakat desa. Taman baca itu dibangun di daerah Banjarwangi, Desa Talagasari, Kabupaten Garut. 

Gen Z Subang Minta Perluasan Internet Gratis Pada Kontestan Pilkada

Salah seorang warga yang juga pegiat pendidikan Undang Suryana atau dikenal Mang Jack mengatakan di wilayahnya  tidak ada lembaga pendidikan formal. Masyarakat harus berjalan jauh ke daerah alun - alun Banjarwangi untuk mendapatkan akses pendidikan.

"Karenanya kami di sini coba ikhtiar membangun lembaga pendidikan formal walaupun hanya sekelas Raudhaltul Athfal (RA). Apalagi di sini bisa dibilang daerah yang tertinggal," ujar Undang dalam keterangannya, Selasa 9 Juli 2024.

Berharap Naik Jabatan, Awas Bandar ASN Bergentayangan di Pilkada Subang

CEO WAN, Irhamdani menyampaikan WAN adalah sebuah lembaga sosial yang berfokus menjembatani masyarakat untuk membantu masyarakat di pedalaman. Pembangunan fasilitas taman baca ini sekaligus bagian dari syukuran lembaga yang sudah memasuki tahun kelima. Pihaknya menyalurkan bantuan berupa bahan bangunan. Pembangunan dilakukan secara dalam tiga tahap.

"Pemberian bantuan untuk taman baca merupakan upaya WAN untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan visi dan misi lembaga," jelas dia.

Pakan Mahal, Ratusan Pembudidaya Air Payau di Subang Gulung Tikar

WAN Bangun Taman Baca Tingkatkan Literasi di Desa Terpencil

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title