7 Aktivitas Ini Bisa Melatih Daya Ingat

Daya Ingat
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Manusia mengandalkan daya ingat untuk menjalankan berbagai aktivitas. Daya ingat sendiri adalah kemampuan otak untuk menyimpan, menjaga, dan mengingat informasi. Tidak heran jika kemampuan untuk mengingat sangatlah penting.

Fitur Smartwatch yang Bisa Tingkatkan Gaya Hidup Sehat

Bagi banyak orang, memiliki daya ingat yang kuat adalah aset berharga yang dapat membantu dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan hingga karier. Beruntungnya, daya ingat bisa dilatih dan ditingkatkan melalui beberapa kebiasaan baik. 

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membantu melatih dan meningkatkan daya ingat.

1. Membaca dan Menulis

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Biji Pepaya untuk Tubuh

Pertama, sudah menjadi rahasia umum kalau membaca dapat meningkatkan daya ingat. Membaca dan menulis merupakan kegiatan yang melibatkan otak secara intensif. Ketika membaca, otak dipaksa untuk mengenali dan memproses informasi baru. Menulis, terutama dengan tangan, juga melibatkan proses memori yang kompleks. Cobalah untuk membaca berbagai jenis buku, artikel, atau jurnal, serta menulis catatan harian atau jurnal pribadi. Hal ini dapat membantu memperkuat koneksi sinapsis di otak.

2. Berolahraga Secara Teratur

Selanjutnya, berolahraga secara rutin ternyata juga sangat baik untuk daya ingat. Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Olahraga juga membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat memengaruhi daya ingat. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau yoga.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Tips Makan Sehat: Gaya Hidup yang Menyehatkan Tubuh