Hati-Hati! 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Gerd

GERD
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Saat ini, banyak orang, terutama anak muda yang terserang penyakit GERD. Gangguan pada lambung ini cukup berbahaya. Namun ternyata penyebabnya bisa dari hal-hal sepele.

6  Kebiasaan yang Bisa Melatih Creative Thinking

Gastroesophageal reflux disease atau yang sering kita kenal dengan istilah GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan), sehingga menyebabkan rasa terbakar di dada yang dikenal dengan istilah heartburn. 

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bisa memicu atau memperparah GERD. Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa membuat kamu terkena penyakit GERD.

1. Makan dalam Porsi Besar dan Terlalu Cepat

5 Kebiasaan Ini Bikin Laptopmu Cepat Rusak

Pertama, perhatikanlah kebiasaan makan. Kebiasaan makan dalam porsi besar ternyata dapat membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Hal ini meningkatkan tekanan pada lambung dan memaksa asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa memicu GERD karena makanan tidak terkunyah dengan baik sehingga sulit dicerna.

2. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Pemicu Asam

Kedua, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan dan minuman dapat meningkatkan produksi asam lambung. Makanan pedas, berlemak, gorengan, serta minuman berkafein, beralkohol, dan soda adalah beberapa contoh yang sering menjadi pemicu. Mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara berlebihan bisa memicu timbulnya gejala GERD.

Halaman Selanjutnya
img_title
Inilah 5 Kebiasaan Unik Orang Jenius yang Jarang Orang Tahu, Cek Kebiasaanmu!