Orang Tua Harus Tahu, Inilah Pengaruh Cyberbullying pada Anak

Cyberbullying
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar - Cyberbullying merupakan bentuk intimidasi atau pelecehan yang dilakukan melalui perangkat digital seperti ponsel, komputer, dan tablet. Ini bisa terjadi melalui pesan teks, media sosial, aplikasi, forum online, atau game di mana orang dapat melihat, berpartisipasi, atau berbagi konten. 

Pro dan Kontra Memberikan Gadget kepada Anak

Bentuk-bentuk cyberbullying ini mencakup menyebarkan kebohongan tentang seseorang, mengirimkan pesan atau ancaman yang menyakitkan, memalsukan identitas untuk merusak reputasi seseorang, dan berbagai tindakan lain yang bertujuan menyakiti atau mempermalukan korban.

Berikut ini adalah dampak adanya cyberbullying pada anak-anak yang harus diwaspadai orang tua.

Dampak Psikologis

6 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Cyberbullying

Pertama, anak-anak yang menjadi korban cyberbullying sering mengalami berbagai masalah psikologis. Mereka mungkin merasa terisolasi, cemas, dan depresi. Tingkat stres yang dialami dapat sangat tinggi karena intimidasi ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di rumah mereka sendiri. Rasa takut dan tidak berdaya yang dihasilkan dapat mempengaruhi kesehatan mental jangka panjang anak-anak.

Pengaruh pada Kesehatan Fisik

Selanjutnya, jangan abaikan psikologis anak. Dampak psikologis dari cyberbullying seringkali berujung pada masalah kesehatan fisik. Anak-anak mungkin mengalami sakit kepala, sakit perut, dan gangguan tidur. Stres dan kecemasan yang berkepanjangan juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit.

Halaman Selanjutnya
img_title
4 Gejala Ini Bisa Terjadi jika Tidak Tidur Semalaman