6 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Cyberbullying

Cyberbullying
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Cyberbullying adalah bentuk perundungan yang terjadi di dunia maya, melalui platform media sosial, pesan teks, email, dan berbagai saluran digital lainnya. Fenomena ini bisa berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional korban. 

Inilah Perbedaan Malware, Virus, dan Trojan yang Bahaya untuk Jaringan

Cyberbullying bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, sebaiknya kita sudah punya pertahanan diri untuk menghadapi hal ini. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi cyberbullying.

1. Jangan Menanggapi atau Membalas

Hal pertama yang harus diingat ketika menghadapi cyberbullying adalah jangan menanggapi atau membalas pesan atau komentar negatif. Membalas hanya akan memicu pelaku untuk terus melakukan tindakan tersebut. Dengan tidak menanggapi, kamu menunjukkan bahwa tindakan mereka tidak mempengaruhi dirimu.

2. Simpan Bukti

Orang Tua Harus Tahu, Inilah Pengaruh Cyberbullying pada Anak

Simpan semua bukti dari cyberbullying yang terjadi. Ambil screenshot, simpan pesan, email, atau postingan yang menunjukkan tindakan perundungan. Bukti ini bisa sangat berguna jika kamu memutuskan untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwenang atau platform media sosial terkait.

3. Blokir dan Laporkan Pelaku

Halaman Selanjutnya
img_title