Waspada Penipuan! Kenali 3 Tanda Akun Bodong VS Asli di Media Sosial

Ilustrasi Aplikasi Sosmed, Peretas atau Hacker (Scam)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVAJabar – Di era digital seperti saat ini banyak sekali modus penipuan secara online, terutama lewat sosial media.

Ini Dia Langkah Mudah Membuat Screenshot Chat Wa Palsu, Gak Perlu Pake Aplikasi!

Ada saja modus penipuan yang dilakukan oleh para penjahat untuk mendapatkan mangsa lewat media sosial. Biasanya mereka melakukan tindak kejahatan lewat media sosial karena dianggap sebagai sasaran empuk untuk melakukan penipuan yang lebih praktis dan mudah. Pasalnya, penipu hanya perlu membuat akun bodong dan mengaku sebagai orang lain atau perusahaan-perusahaan besar yang mungkin dipercaya oleh korban.

Biasanya para penjahat ini akan berpura-pura menjadi customer service palsu yang membantu para korban dalam menanggapi berbagai keluhan dengan cara mengisi form online. Lalu dari sinilah tindak penipuan ini terjadi dengan mencuri data korban melalui form yang telah diisi.

Gokil! Ponsel Lipat Tiga Huawei Akan Meluncur Oktober Mendatang, Gimana Speknya Ya?

Untuk menghindari hal ini, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati. Kamgan sampai tertipu oleh akun bodong yang mengatasnamakan sebuah perusahaan. Kenali perbedaan antara akun bodong dengan yang asli di bawah ini: 

1. Centang Biru

Xiaomi dan HP China Lainnya Terapkan Baterai Silikon kapasitas Besar untuk Perangkat Masa Depan

Akun media sosial yang asli pastinya memiliki centang biru yang sudah diverfikasi, baik di WhatsApp, Instagram, atau platform media sosial lainnya. Jika ada media sosial yang mengaku sebagai akun asli dari suatu perusahaan, kamu harus waspada. Jika belum centang biru dan memiliki jumlah followers yang sedikit maka dapat dipastikan itu adalah akun bodong atau akun palsu.

2. Followers dan Jumlah Like

Halaman Selanjutnya
img_title