7 Cara Agar Anak Gemar Baca Buku

Anak baca buku
Sumber :

Viva Jabar – Tidak mudah untuk menjadikan seseorang mencintai buku. Pasalnya, seseorang yang sudah terbiasa dengan cerita dari mulut ke mulut, membaca dianggap kegiatan yang membosankan. Tak usah putus asa mengenalkan buku pada anak. Sebab, bisa karena terbiasa. Kebiasaan itu akan menjadi karakter seseorang. 

Agenda Pembacaan Eksepsi, JPU Sebut Kuasa Hukum Yosep Kurang Cermat

Orang dengan kebiasaan membaca buku akan terasa ada yang kurang ketika tidak membaca buku dalam 1 hari yang dilewatinya. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Sementara UNESCO menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen saja. Dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang gemar membaca. Hasil riset berbeda lainnya yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Menindak lanjuti hal tersebut. Kecintaan membaca harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak kita. Bagaimanakah caranya seorang anak menyukai buku? 

Aksi Nekat Pengamen Modal Rp 7 Ribu Mudik ke Semarang, Bonceng Istri Hamil Tua Pakai Motor Ekstrem

Melansir beberapa sumber, berikut ini cara agar menyukai buku. 

1. Berikan Contoh

Shin Tae-yong Dibantu Kedua Anaknya dalam Perkembangan Timnas Indonesia

Karena peniru ulung, maka orang tua harus mencontohkan lebih dulu. Pasalnya, bagaimanapun anak akan meniru kebiasaan orang tuanya, gurunya, temannya dan lingkungannya. 

2. Atur Waktu Membaca Bersama

Halaman Selanjutnya
img_title