10 Cara agar Otak Lebih Pintar

Ilustrasi otak melawan
Sumber :
  • Pinterest

Viva Jabar –Besi semakin digosok semakin hilang karatnya. Pisau semakin diasah semakin tajam. Otak semakin diasah semakin pintar. Hanya kemalasan yang bisa menumpulkan otak. Berikut ini ada beberapa cara agar otak lebih pintar. 

Benarkah Banyak Pikiran Memicu Asam Lambung? Cek Faktanya!

1. Lakukan Stimulasi Mental

Para ilmuwan yang melakukan penelitian pada tikus dan juga manusia menemukan bawa perangsangan aktifitas otak dapat membangun hubungan sel - sel saraf yang baru dan bahkan membantu otak untuk menghasilkan sel - sel yang baru juga, sehingga mengembangkan kemampuan neurologis dan membangun cadangan fungsional untuk memberikan perlindungan terhadap hilangnya atau kematian sel yang akan datang.

Menu Berbuka Puasa yang Disarankan Dokter untuk Kesehatan Selama Ramadhan

setiap aktivitas yang merangsang mental akan membantu membangun otak Anda. Membaca, mengikuti kursus, mencoba "senam mental", seperti mengisi teka-teki silang atau memecahkan soal matematika atau juga bisa menggambar. 

2. Berolahraga

7 Tips Esensial untuk Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan otot juga membantu pikiran Anda. Pada hewan yang berolahraga secara teratur meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang membawa darah kaya oksigen ke wilayah otak yang bertanggung jawab untuk berpikir. Olahraga juga memacu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan hubungan antar sel otak (sinapsis). Ini menghasilkan otak yang lebih efisien, elastis, dan adaptif, yang diterjemahkan menjadi kinerja yang lebih baik pada hewan yang menua. Olahraga juga menurunkan tekanan darah, memperbaiki kadar kolesterol, membantu keseimbangan gula darah dan mengurangi stres mental, yang kesemuanya dapat membantu otak dan jantung Anda.

3. Perbaiki Pola Makan Anda / Diet

Halaman Selanjutnya
img_title