Tips Ampuh Kurangi Kebiasaan Begadang, Wajib Coba Nih!

Ilustrasi insomnia
Ilustrasi insomnia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Setiap manusia mempunyai kesibukan yang berbeda-beda, untuk para pelajar mungkin akan disibukkan dengan berbagai kegiatan di sekolah dan tugas-tugasnya, sedangkan untuk para pekerja tentu kesibukannya berhubungan dengan pekerjaan, keduanya sama-sama mempunyai kegiatan yang padat.

Aktivitas yang padat tersebut terkadang memaksa diri untuk melakukan begadang. Padahal bergadang mempunyai beberapa dampak negatif seperti membuat kesehatan menurun, depresi, dan yang paling parah adalah bisa menyebabkan seseorang meninggal. Berikut ini tips dan cara agar kebiasaan beradangmu berkurang.

1. Selesaikan Tugas yang Dimiliki Sebelum waktu Tidur Tiba

Menyelesaikan semua tugas sebelum waktu tidur tiba memang seperti gampang-gampang susah untuk dilakukan, karena diperlukan manajemen waktu yang baik.

Jika kamu mempunyai tugas yang sangat banyak cobalah untuk mencicil mengerjakan satu per satu namun harus tetap fokus, hal itu akan lebih efisien dalam menyelesaikan tugas daripada mengerjakan beberapa hal sekaligus.

2. Menjauhi Smartphone

Untuk kamu yang ingin mengurangi kebiasaan bergadang, kamu harus mencoba menjauhkan smartphone dari diri kamu karena efek radiasi dari sinar biru (blue light) dapat mengganggu hormon melatonin manusia.