Studi: Planet Mars Tidak Bisa Dihuni Manusia

Ilustrasi kota di Planet Mars.
Sumber :
  • DottedYeti

VIVA Jabar – Bertahun-tahun manusia hidup dengan harapan bahwa pada suatu saat, manusia bisa hidup di planet lain, sementara Bumi dinyatakan sudah terlalu tua dan akan rusak di masa depan untuk layak dihuni.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

Salah satu planet yang lama digaungkan bahwa di masa depan bisa dihuni manusia, adalah planet Mars. Namun, sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti UCLA mengungkapkan kesulitan signifikan yang harus diperbaiki sebelum tempat tinggal jangka panjang dapat dilakukan.

Studi ini, terutama mengkaji dua topik: keamanan astronot dan pesawat ruang angkasa selama misi ke Mars, dan dampak radiasi partikel pada kehidupan manusia, melansir laporan Tech Story. 

WAS-WAS! Gempa Dahsyat Goyang Bayah, Banten, Warga Panik Berhamburan

Temuan menunjukkan beberapa pendekatan yang menjanjikan, tetapi mereka juga memperingatkan terhadap perpanjangan misi Mars selama empat tahun karena meningkatnya tingkat radiasi setelah titik ini.

Hasil penelitian ini dan penelitian lain yang sekarang akan dilakukan untuk memverifikasi hasil ini dan menghasilkan solusi yang mungkin dapat mengarahkan jalan yang telah diikuti oleh perusahaan perjalanan luar angkasa termasuk SpaceX.

Gempa Dahsyat Goyang Banten, Warga Panik Lari Keluar Rumah!

Waktu perjalanan ke Mars dan pengaruhnya terhadap paparan radiasi menjadi subjek penelitian kedua. Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa solar maximum, atau waktu ketika aktivitas matahari berada pada puncaknya, adalah jangka waktu yang ideal untuk meluncurkan misi antariksa manusia ke Mars.

Partikel paling berbahaya dialihkan selama waktu ini, melindungi astronot dari konsekuensi radiasi paling keras. Para ilmuwan dapat sangat menurunkan risiko paparan radiasi dengan sengaja menjadwalkan misi bertepatan dengan maksimum Matahari.

Halaman Selanjutnya
img_title