7 Bahasa Zaman Kuno yang Masih Digunakan Sampai Sekarang

Ilustrasi bahasa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Kata-kata yang diucapkan tidak meninggalkan jejak fisik di dunia, jadi mencari asal usul bahasa manusia bisa menjadi urusan yang rumit. Bahasa juga terus berubah, dengan kata-kata dan makna yang berubah setiap generasi. 

Bacaan Takbiran Idul Fitri Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahannya!

Dengan demikian, tidak ada gunanya memilih satu bahasa sebagai yang tertua di dunia. Namun ada sejumlah bahasa dari zaman kuno yang masih digunakan dan mereka semua memiliki bagian yang menarik dari kisah manusia, dikutip dari situs IFL Science, Senin, 5 Juni 2023.

Ibrani

Punya Pemain Muda Berbakat, Timnas Indonesia Ditakuti Media China

Bahasa Ibrani adalah bahasa kitab suci Yahudi yang berusia lebih dari 3.000 tahun, dengan bentuk awal bahasa tersebut muncul dalam teks sekitar 1.200 SM. Ini pertama kali digunakan oleh para sarjana agama, tetapi akhirnya menjadi bahasa sehari-hari orang Israel kuno. 

Sekitar tahun 400 M, bahasa Ibrani tidak lagi menjadi bahasa sehari-hari dan hampir menjadi bahasa mati. Namun, kebangkitan Zionisme di era modern membangkitan bahasa tersebut dan sekarang digunakan oleh sembilan juta orang, terutama di Israel yang menjadi bahasa resminya.

Resmi Jadi WNI, Cyrus Margono akan Nonton Laga Indonesia vs Vietnam

Sansekerta

Bahasa Sanskerta adalah bahasa lain yang muncul dari agama di zaman kuno, berfungsi sebagai bahasa sehari-hari Weda, kitab suci Hindu, serta teks sejarah agama Budha dan Jainisme. Teks-teks Hindu ditulis sekitar 1.200 SM, yang berarti ada catatan sejarah bahasa yang berusia lebih dari 3.000 tahun. 

Halaman Selanjutnya
img_title