Bawang Putih Australia Ampuh Bunuh Covid-19 dan Flu, Hasil Studi

Ilustrasi bawang putih
Sumber :
  • Pixabay

VIVA JabarBawang putih diketahui baik untuk membunuh bakteri dan sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Sebuah studi dunia pertama menunjukkan bahwa varietas bawang putih Australia bisa membunuh COVID-19 dan flu biasa dengan keefektivan 99 persen. Riset baru ini dirilis pada Rabu oleh The Peter Doherty Institute, demikian dilaporkan Australian Financial Review.

Hasil Penelitian: Orang Kidal Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata

Dilansir laman Times of India, para ilmuwan di Doherty sudah meneliti kandungan bawang putih dalam 18 bulan terakhir. Mereka menemukan bahwa varietas bawang tertentu yang ditumbuhkan di Australia memiliki kandungan antivirus hingga mencapai 99 persen efikasi terhadap SARS-CoV-2 dan virus influenza tipe A.

Riset tersebut melibatkan tes in-vitro terhadap SARS-CoV-2 dan virus influenza tipe A menggunakan bahan ekstrak bawang putih dari varietas bawang putih eksklusif yang ditumbuhkan di Australia.

Hasil Studi: Memanaskan Makanan Bisa Meningkatkan Kolesterol!

"Kami ingin mengetahui jika strain ini memiliki kemungkinan membunuh COVID-19," kata Dr. Julie McAuley, manajer fasilitas penahanan tinggi Doherty laboratorium riset COVID-19 kepada Australian Financial Review.

Dr McAuley mengatakan, varietas tersebut diuji di  berbagai situs untuk memastikan hasilnya tidak berkaitan dengan lingkungan, nutrisi, air atau faktor lainnya.

Muncul Kabar Australia akan Main di Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Tegaskan Rasa Keberatan

Uji klinis yang ketat dibutuhkan untuk menentukan jika temuan dari riset ini diwujudkan dari tuba uji ke manusia, kata Doherty Institute.

Ahli epidemiologi di University of Wollongong Gideon Meyerowitz-Katz menambahkan, "Kami tidak akan tahu jika produk ini membantu melawan COVID-19 atau influenza hingga kami melakukan uji klinis pada manusia, alih-alih piring uji di lab."

Halaman Selanjutnya
img_title