Kenali Ciri-ciri Terjangkit Rabies dan Cara Pertolongan Pertama Usai Digigit Anjing

Ilustrasi digigit anjing
Sumber :
  • Freepik

VIVa JabarRabies merupakan penyakit yang sangat serius dan berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi, terutama anjing.

VIRAL Sopir Truk Ngaku Nonton MasterChef, Chef Juna Malah Dituduh Ngomong Kasar

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal digigit oleh anjing yang dicurigai terkena rabies, langkah-langkah pertolongan pertama yang tepat dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan menyelamatkan nyawa. Baru-baru ini ada kasus seorang anak kecil yang meninggal karena rabies.

Lantas, apa sajakah ciri-ciri dan pertolongan pertama saat orang terdekat terkena rabies? simak penjelasannya.

Azizah Salsha Berpose Sama Anjing, Netizen Singgung Hukum Agama

Ciri-ciri Kena Rabies

Ciri-ciri seseorang yang terkena rabies dapat bervariasi tergantung pada tahap infeksi virus rabies dalam tubuh. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang umum terjadi pada kasus rabies:

Viral Video Irish Bella Ajak Anaknya Main dengan Anjing, Netizen Ingatkan Najis Mughaladzoh

1. Perubahan perilaku: Seseorang yang terkena rabies mungkin mengalami perubahan perilaku yang mencolok. Mereka dapat menjadi sangat gelisah, cemas, atau bahkan agresif. Perubahan mood yang tiba-tiba dan tidak wajar juga dapat terjadi.

2. Sensitivitas terhadap rangsangan: Penderita rabies sering kali mengalami hipersensitivitas terhadap rangsangan seperti cahaya terang, suara keras, atau sentuhan. Hal ini dapat menyebabkan reaksi berlebihan seperti kesulitan tidur, iritabilitas, dan ketidaknyamanan secara umum.

Halaman Selanjutnya
img_title