Makanan Enak Ini Asalnya dari Garut

Seblak
Sumber :
  • Wikipedia

Viva Jabar – Siapa yang tak kenal seblak? Makanan enak, pedas dengan kerupuk yang bikin kita mau nambah, lagi dan lagi.

Kuliner Terlupakan: 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Hampir Punah

Melansir dari Wikipedia, Seblak adalah masakan khas Sunda yang berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk yang terdiri dari bawang putih dengan kencur.

Adapun kepopulerannya, Seblak mulai populer sekitar tahun 2000an yang berasal dari Garut yang sudah ada sebelum jaman kemerdekaan di wilayah Parahyangan, dulu dinamakan Kurupuk Leor (karena teksturnya yang ngaleor / lemas). Namun yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adalah seblak pada umumnya menggunakan kerupuk oren dengan bumbu cikur atau khas Sunda dan disajikan dengan kuah pedas.

Kuliner Karawang, 8 Tempat Makan Enak yang Wajib Dicoba di Kota Industri!

Diantara makanan tradisional yang dijual pedagang kaki lima, Seblak merupakan makanan yang paling digemari oleh masyarakat. Terutama bagi kalangan masyarakat Jawa barat. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Viva. Seblak ada dua jenis : Pertama, Seblak kering (walaupun agak jarang ditemukan), adalah kerupuk pedas mirip dengan basreng (bakso goreng).

7 Tempat Ngabuburit Asyik di Garut: Rekomendasi Berwisata Sambil Menanti Adzan Magrib

kedua, Seblak basah: seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak tulang ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiau, seblak siomay, seblak snack, seblak kikil, seblak telur, dll.

Seblak

Photo :
  • Wikipedia
Halaman Selanjutnya
img_title