Tahu Gejrot berasal dari Nama Ini

Tahu gejrot
Sumber :
  • Intipseleb.com

Viva Jabar –Gurih, pedas. Nikmat dan maknyus. Kuliner kali ini kita lihat tahu gejrot. Tahu gejrot adalah salah satu makanan khas Cirebon yang terkenal dengan rasanya yang enak. Bikin nagih. 

7 Kuliner Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera, Cocok untuk Berbuka Puasa

adapun Sejarah Tahu Gejrot. Ia berasal dari kata "gejrot" yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya "ditekan-tekan". Makanan ini awalnya ditemukan oleh seorang pedagang tahu di Cirebon bernama Embah Udin pada tahun 1960-an.

Saat itu, Embah Udin menciptakan saus khas yang terdiri dari bumbu petis, air asam, dan bawang goreng untuk memberikan rasa yang berbeda pada tahu goreng yang dijualnya. Tahu Gejrot awalnya hanya dijual oleh Embah Udin dan keluarganya di kawasan pasar tradisional Cirebon.

7 Takjil Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba Saat Ramadan

Namun karena cita rasa maknyus dan enak. Tahu gejrot dijadikan makanan favorit masyarakat cirebon. Hingga, masyarakat ada yang membuatnya sendiri. 

Bagi wisatawan, jika kalian sedang berada di Cirebon pastikan untuk mencoba jajanan segar dan pedas ini di siang hari. 

7 Tempat Makan Viral dan Enak di Bandung, Cocok Buat Tempat Buka Puasa

Resep bagi masyarakat yang ingin membuat tahu gejrot sendiri di rumah. 

1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti 10 buah tahu pong, setengah sendok makan gula jawa, satu sendok teh asam jawa, satu sendok makan kecap, air 250 mL, dan garam secukupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title