Nasi Ini Diduga Seumuran dengan Rakyat Majapahit

nasi lengko
Sumber :
  • screenshot

viva Jabar –Makanan yang ada di Indonesia tak disangka-disangka ada yang sudah menjadi bagian sejarah perjuangan. bahkan sejarah kerajaan majapahit. bagaimana tidak, nasi yang akan disebutkan di bawah ini ada sejak zaman kerajaan majapahit.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Nasi tersebut adalah nasi lengko. makanan khas asli Cirebon, Jawa Barat. nasi lengko terdiri atas nasi, tahu, tempe, mentimun, tauge, dan daun kucai. Makanan ini juga dikenal oleh sebagian masyarakat pesisir pantai utara Jawa seperti Tegal, Brebes, Kuningan, Majalengka, dan Indramayu. Masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya.

Di Indramayu, Sega lengko disajikan dengan tidak menggunakan daun kucai, sedangkan di Brebes dan Tegal, Sega lengko disajikan menggunakan kerupuk mi sebagai pengganti kerupuk putih. Rasa khas yang dihasilkan dari bumbu kacang dan harga yang terjangkau membuat makanan ini diminati oleh banyak kalangan.

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

asal-usul nasi lengko Cirebon masih menjadi perdebatan. Namun, sejarahnya bermula pada masa kerajaan Cirebon pada abad ke-15. Pada masa itu, Cirebon merupakan pusat perdagangan yang sibuk dengan pelabuhan yang ramai. Berbagai bahan makanan dari daerah lain diimpor ke Cirebon, termasuk kacang tanah.

Bumbu kacang yang khas menjadi populer di kalangan masyarakat Cirebon, dan kemudian diadaptasi menjadi bumbu kacang yang digunakan pada nasi lengko. abad ke-15 merupakan masa kerajaan Majapahit. sebagai tambahan informasi, Majapahit adalah sebuah kemaharajaan yang berpusat di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri sekitar tahun 1293–1527 M.

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

lebih lanjut, apa saja resep nasi lengko yang bernilai sejarah tersebut? melansir dari Vivanews, di bawah ini ada resep nasi lengko,

bahan-bahan nasi lengko:

Halaman Selanjutnya
img_title