Hati-Hati Konsumsi Santan Berlebihan Bisa Akibatkan Stroke Ringan

Ilustrasi Menu Berbahan Santan
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Aroma peringatan hari raya Idul Adha 2023 agaknya mulai tersiar dalam benak umat islam di seluruh dunia. Aroma ini bak sengatan menu-menu yang dihidangkan pada saat momen bersejarah itu tiba.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Sebagaimana lazimnya, di momen hari raya biasanya beragam jenis masakan nusantara tersaji di meja makan, seperti rendang, opor ayam, gulai, dendeng, sayur pepaya, kentang balado, hingga ati ampela. 

Ironinya, semua menu makanan di atas kebanyakan diolah dengan menggunakan santan. Padahal, dalam sebuah riset kesehatan menyebutkan konsumsi santan yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Bahan Santan

Santan bahan masakan yang digemari oleh banyak orang karena memiliki cita rasa gurih dan lezat. Santan terbuat dari ekstrak parutan daging buah kelapa. 

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Santan diketahui mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, kalium, natrium, hingga vitamin C. 

Karena kandungan nutrisi tersebut, santan dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secukupnya seperti menjaga daya tahan tubuh, menjaga kadar kolesterol baik di dalam darah, hingga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Halaman Selanjutnya
img_title