Tahun Politik Semakin Panas, Rekening Parpol Semakin Gencar Dipantau. Begini Respon Irjen Sandi

Benders Partai Demokrat
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA Jabar Polri telah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengawasi proses pemilihan umum pada tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memantau aktivitas keuangan partai politik (parpol) dengan tujuan mencegah praktik politik uang atau money politics.

Anies Baswedan Konsisten Gaungkan Perubahan Meski di Luar Kekuasaan

"Iya (rekening parpol akan dipantau), itu bagian dari nanti ke depan. Pihak-pihak nanti akan dikoordinasikan. Kita menggandeng seluruh stakeholder (termasuk PPATK) terkait lainnya untuk bisa membuat terang semua peristiwa yang terjadi dan tidak ada dusta di antara kita," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Agustus 2023.

Irjen Sandi menegaskan bahwa juga akan membentuk satuan tugas (satgas) anti politik uang. Di mana kegiatan tersebut kata dia, mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

"Tentu saja kegiatan itu juga akan mengacu pada peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku bukan hanya sekedar bahwa akan diadakan sebuah untuk kegiatan yang lain," kata Sandi.

"Tapi inti dan maksud utamanya adalah untuk mencegah agar tidak terjadinya money politik agar pemilu berjalan dengan lancar," sambungnya.

Klaim Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Hari Ini: Tips dan Game Penghasil Uang!

Sandi berharap agar pemilu 2024 nantinya akan berjalan dengan lancar, tertib, jujur dan adil. Oleh sebab itu, Polri menjamin keamanan dan kenyamanan saat Pemilu 2024 berlangsung.

"Jadi kunci utama agar pemilu berjalan sehat dan baik adalah keamanan itu terjamin. Dan dengan keamanan, tadi agar bisa menciptakan pemilu berjalan dengan tertib dengan bermartabat, dengan jujur dan adil. Maka Insyaallah semua penyelenggaraan pemilu dan rangkaiannya bisa kita tuntaskan bersama," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title