Dukung Pelaksanaan Imunisasi HPV Skala Nasional, MSD dan Bio Farma Luncurkan Vaksin HPV 4-Valen

Bio Farma
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pelaksanaan imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2016 silam. Kini, untuk mempercepat pencapaian target eliminasi kanker serviks, imunisasi HPV kembali dilaksanakan secara nasional pada tahun 2023.

Lakukan Asistensi Sertifikasi Halal, Bio Farma Dapat Apresiasi dari YPM Salman ITB

Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1930/2022 tentang Program Introduksi Imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) Tahun 2022-2023.

Wujud dari keputusan Menkes RI tersebut, Kementerian Kesehatan memperluas cakupan imunisasi HPV skala nasional pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada siswi kelas 5 dan 6 sekolah dasar. Kegiatan tersebut berlangsung di SD Negeri 8 Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Ramadan Berkah, Bio Farma Gelar Pasar Murah di Bogor

Dalam rangka mendukung program tersebut, Bio Farma berkerjasama dengan Merck Sharp & Dohme Indonesia (MSD) meluncurkan Vaksin HPV 4-Valen pada 2 Agustus 2023 lalu.

Managing Director MSD Indonesia, George Stylianou mengungkapkan dukungannya terhadap pemerintah Indonesia dalam mengeliminasi kanker serviks. Goerge juga merasa bangga atas keterlibatannya dalam mendukung vaksin HPV.

Bio Farma Turun Tangan Atasi Ketersediaan Vaksin di Kawasan Selatan Global

 “PT Merck Sharp & Dohme Indonesia (MSD) terus mendukung perluasan cakupan imunisasi HPV secara nasional, salah satunya melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Program ini menjadi langkah nyata dari komitmen pemerintah untuk mengeliminasi penyebaran kanker serviks di Indonesia. Tentunya kami bangga dapat berpartisipasi dalam upaya mendukung ketersediaan dan keterjangkauan vaksin HPV di Indonesia. Di MSD, kami terus berkomitmen untuk mengurangi jumlah kanker serviks di Indonesia dan mendukung strategi WHO untuk mempercepat eleminasi kanker serviks secara global.” tutur George Stylianou.

“Kerja sama ini menunjukkan komitmen MSD dalam memberikan dukungan nyata terhadap rencana transformasi kesehatan Indonesia. Kami berharap kerja sama ini menjadi langkah awal dari transfer teknologi jenis lain, seperti keahlian, pengetahuan, dan pengalaman antara MSD dan Bio Farma yang akan bermuara pada peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title