Polri Bilang Harun Masiku Masih Ada di Dalam Negeri, KPK: Itu Data Lama

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan atau eksekusi KPK Asep Guntur
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Kabar bahwa Harun Masiku pergi ke luar negeri lalu kembali lagi ke Indonesia sempat ramai jadi perbincangan di media massa. Hal itu disampaikan oleh Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti. Namun menurut Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa hal tersebut merupakan data lama. 

Ditetapkan Tersangka, Sopir Bus Maut Ciater Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

Pelaksana tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu mengatakan bahwa sampai dengan saat ini belum ada perlintasan terbaru bahwa Harun Masiku ada di Indonesia.

"Iya, data perlintasan yang lama. Melintasnya terhitung karena memang perlintasan itu. Sampai sekarang belum tercatat lagi," ujar Asep Guntur di gedung merah putih KPK, Jumat 11 Agustus 2023 malam.

Terlibat Dalam Kasus SYL, Biduan Dangdut Nayunda Nabila Dipanggil KPK

Harun Masiku memang sempat terdeteksi ada di Indonesia pada Januari 2020 silam. Hal itu merujuk pada video yang viral di Bandara Soekarno Hatta ketika Harun baru saja tiba dari Singapura. 

Namun, setelah itu tidak ada informasi terbaru soal keberadaan Harun Masiku di Indonesia. Asep menduga bahwa Harun Masiku pergi ke luar negeri menggunakan jalur tidak resmi.

Segera Sidak PO Bus di Subang, Dishub Buat Surat Edaran

"Dalam perkembangannya, informasi yang kami terima yang bersangkutan itu sudah keluar dari Indonesia, tapi tidak melalui jalur resmi sehingga tidak tercatat pada saat keluarnya," kata Asep.

KPK sempat mendapt informasi bahwa Harun Masiku ada di luar negeri. Kendati, ketika penyidik datang ke negara itu, justru tidak ada hasil memuaskan.

Halaman Selanjutnya
img_title