Heboh! Suara Dentuman Aneh Terdengar Dari Dalam Tanah di Madura, Berikut Penjelasan Ahli

Suara Dentuman Terdengar (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Tanah Madura belakangan ini dihebohkan oleh suara dentuman aneh yang terdengar dari dalam tanah.  Ahli geologi menyebutkan, ada dua kemungkinan penyebab munculnya suara misterius disertai getaran dari dalam perut bumi di Desa Muncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. 

Cara Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp, Aktifkan Fitur Ini!

Meski demikian, suara misterius yang terdengar jelas itu masih didalami oleh tim dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG dan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, di lokasi.

Ahli geologi dari Ikatan Geologi Indonesia, Handoko Teguh Wibowo, menjelaskan kemungkinan penyebab pertama dari suara misterius itu ialah aktivitas patahan sesar karena gaya tekan kerak bumi. 

Cara Pakai Dua Akun Whatsapp dalam Satu Ponsel, Ikuti Panduannya!

"Itu bisa (jadi penyebabnya)," katanya, pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kemungkinan kedua, lanjut Teguh, yaitu akibat adanya reruntuhan yang terjadi di bawah permukaan bumi. Itu bisa terjadi, karena bentang alam di Pulau Madura merupakan topografi karst, yakni terdiri dari susunan batu gamping yang rawan runtuh.

WhatsApp Perkenalkan Fitur Passkey: Keamanan Tambahan untuk Pengguna iPhone

"Jadi besar kemungkinan di bawah ada alur-alur sungai atau goa-goa di bawah yang runtuh," ujar Teguh.

Dia menegaskan, 2 kemungkinan itu adalah dugaan. Diperlukan pengamatan dan observasi mendalam untuk mengetahui penyebab pastinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title