Hati-Hati Nasabah Bank BCA! Ribuan Data Nasabah Dijual di Dark Web, Pelakunya Eks Karyawan Pinjol

Eks Karyawan Pinjol
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Seseorang dengan inisial MRGP telah ditangkap setelah terbukti menjual data pribadi nasabah bank melalui dark web. Diketahui bahwa MRGP sebelumnya bekerja sebagai mantan karyawan di salah satu situs pinjaman online (pinjol) serta mantan operator karyawan judi online di Kamboja.

TikToker Galih Loss Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri mengatakan sebanyak 20 ribu data nasabah bank BCA dijual MRGP melalui situs bernama breachforums.is.

"Terkait dengan perbuatan melawan hukum dilakukan tersangka MRGP jadi ada sekitar 20 ribu data yang didapatkan oleh yang bersangkutan, yang kemudian dilakukan penjualan baik data pribadi maupun data finansial di web breachforums.is," kata Ade dalam konferensi pers, Senin, 14 Agustus 2023.

Takut Terjerat Pinjol, Ribuan Nelayan Subang Ogah Daftar Kusuka

Kasus ini berawal dari adanya laporan dari legal Bank BCA pada 28 Juli 2023 yang menemukan postingan di dark web bernama breachforums.is berisi jual beli data kartu kredit nasabah bank BCA. Kemudian dilakukan penyelidikan hingga menemukan seseorang diduga pelaku.  

"Tanggal 8 Agustus 2023 untuk tersangka atas inisial MRGP dilakukan penangkapan di Tebet, Jakarta Selatan," ucapnya.  

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Dilaporkan Atas Dugaan Penistaan Agama

Dari hasil pemeriksaan diketahui MRGP membuat akun atas nama pentagram di dark web breachforums.is. Usai membuat akun, pada 23 Juli 2023, tersangka mem-posting dan menjual data kartu kredit yang merupakan data nasabah bank BCA.

"Setelah postingan pertama viral, tersangka MRGP menurunkan postingan tersebut dan berganti nama menjadi curious,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title