HUT RI ke-78, Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Khas Keraton Surakarta, Begini Filosofinya

Pakaian Adat Presiden Jokowi di HUT RI ke-78
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Indonesia, pada setiap tanggal 17 Agustus merayakan semarak kemerdekaan negeri ini. Berbagai semarak acara pun di laksanakan di berbagai daerah di tanah air, tak terkecuali di istana kepresiden, Jakarta.

Dianggap Hina Kebudayaan Sunda, LAK Galuh Pakuan Ancam Kerahkan Massa Kepung Pengelola TWA Tangkuban

Masyarakat pun seringkali dibuat penasaran mengenai pakaian adat apa yang akan dikenakan oleh Presiden Jokowi ketika pergelaran upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Ternyata untuk HUT RI ke-78 ini Presiden memilih  mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng. Acara HUT RI ke-78 ini dilaksanakn pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 tentunya di Istana Merdeka, Jakarta. 

Intip Kemegahan Ruang Kerja dan Kamar Tidur Presiden Jokowi di IKN

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Presiden Jokowi Optimis Timnas Indonesia Bungkam Filipina

Menggunakan pakaian adat, kerap kali dilakukan oleh Presiden Jokowi, selama menjabat sebagai Presiden RI dalam peringatan-peringatan seperti HUT RI ini.

Kemarin, dalam Pidato Kenegaraan di MPR/DPR/DPD RI, Presiden juga menggunakan baju adat Tanimbar Maluku.

Halaman Selanjutnya
img_title